Cacingan Ganggu Kualitas Hidup

Musim hujan merupakan peristiwa alam yang menyenangkan bagi anak – anak. Mereka akan bermain dengan riang dibawah guyuran hujan. Lingkungan becek tidak menghalangi anak – anak untuk bermain. Pada saat inilah cacing dapat menginfeksi tubuh anak. Anak menjadi kurus, tidak nafsu makan, perut buncit dan mudah terserang penyakit.

Data Departemen Kesehatan RI tahun 1997 menunjukkan sebesar 60 – 80 persen anak – anak terkena penyakit cacingan., dan pada dewasa sebesar 40 – 60 persen. Penyakit cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi cacing usus ( soil transmitted helmithes ) di dalam tubuh manusia.

Ada 4 macam cacing yang bisa menginfeksi manusia, yakni :
• cacing gelang ( Acaris lumbricoides )
• cacing cambuk ( Trichuris trichiura )
• cacing tambang ( hookworm, necato americanus, Ankylostoma )
• cacing kremi

Timbulnya penyakit cacingan disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar oleh telor cacing, kebiasaan mengemut jempol atau memasukkan jari ke mulu, tidak mengenakan alas kaki saat beraktivitas ditempat yang kotor ( seperti bermain ke blog ini, sudahkah anda memakai alas kaki ? ). Selain itu juga karena kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan memakai sabun saat hendak makan.

Cacingan derajat sedang hingga berat bisa menyebabkan anemia. Jika anak – anak yang terkena cacingan dapat menghambat pertumbuhan selanjutnya. Cacingan memang tidak mematikan, namun jika dibiarkan di dalam tubuh dapat menyerap zat penting dalam tubuh anda. Maka, jangan remehkan penyakit cacingan karena dapat mengurangi kualitas hidup.

( dikutip dari berbagai sumber )

Sudahkah Anda Membaca Artikel Yang Ini ?




  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks
  • Agregar a facebook

7 komentar:

On December 23, 2008 at 3:22 PM , Cebong Ipiet said...

wehehhehehe iyah mst jaga kebersihan
kdg cacingan g identik ama perut buncit

 
On December 23, 2008 at 11:36 PM , bojes said...

kalo main ke blog ini kudu pake alas kaki yah??
bahaya juga yah,bisa cacingan..
xixixixi,...
tapi gapapa lah cacingan karena main blog ini,gak rugi sih..

 
On December 24, 2008 at 1:27 PM , roni said...

@ Cebong Ipiet
kalo mbak Cebong juga rawan tuh, kan doyan main di air :D
@ bojes
bukan cuma alas kaki, tapi juga masker :D

 
On December 24, 2008 at 3:34 PM , Nyante Aza Lae said...

kata2 orang tua obat cacingan adalah pete cina..bener gak bro?

 
On May 6, 2013 at 9:09 AM , Obat Pencegahan HIV said...

cacingan memang sangat perlu di antisipasi .

 
On May 6, 2013 at 9:10 AM , Obat Stroke said...

cacingan memang banyak menyerang anak-anak , maka dari itu perhatikanlah kesehatan anak-anak anda .

 
On May 6, 2013 at 11:29 AM , Obat Penyakit Lemah Jantung said...

Terimakasih informasi yang sangat bermanfaat sekali.